KORELASI ANDRAGOGI PAULUS DAN PRAKTIK KELAS DI STT MISSIO DEI MANADO

Rony Obed Oktafiano Manongko, M.Th.
Dosen Studi Biblika STT Missio Dei Manado
rony.manongko@gmail.com

Anda mungkin juga suka...

20 Komentar

  1. Jusak F. Tumober menulis:

    “Topik yang jarang diangkat tapi sangat fundamental! Memahami Paulus tidak hanya sebagai teolog tetapi juga sebagai pendidik dewasa (andragog) membuka perspektif baru. Artikel ini menjembatani teori pendidikan modern dengan praktik pendidikan alkitabiah secara nyata dalam setting kelas STT Missio Dei Manado. Sangat inspiratif bagi saya sebagai dosen dan praktisi pendidikan teologi. Penulis berhasil menunjukkan kedalaman penelitian dan pemahaman terhadap kedua bidang (teologi & pendidikan) dengan sangat baik.”

    1. Rony Manongko menulis:

      Puji Tuhan Yesus.
      Terima kasih pak Jusak utk perspektifnya. Menantikan juga karya cendikia bp, dalam bidang PAK.

  2. Juvaldy Ngalo menulis:

    Tulisan yang menyentuh bagi saya seorang pembaca, dimana tidak guna mempunyai Teori atau ilmu tetapi tidak mempunyai Praktek atau pengalaman apalagi dalam konteks Tanggung jawab Iman ( Pelayanan )

    Gagasan dalam artikel dimana seorang Pengajar dan penerima ajaran harus mempunyai Korelasi yang seimbang yaitu Ilmu, Teori dan juga berjalan bersama dengan buah kehidupan yaitu Praktek, Pengalaman, serta tanggung jawab pelayanan yang diikuti oleh Isi Pemahaman.

    Hal baru yg anda dapatkan dalam penelitian ini adalah Harus Mempertahankan Ilmu sambil menjalankan ilmu tersebut, tetap rajin dalam Pelayanan, bukan hanya sekedar kata-kata tetapi bukti nyata dalam tindakan sehari-hari.

    Yang bisa saya terapkan secara pribadi adalah lebih mengutamakan Ilmu beserta dengan tindakan sesuai Firman, Pengajaran dan teladan dari Paulus, Terlebih khusus teladan Sang Raja Yesus Kristus.

    Untuk Semua Dosen dan pimpinan harus juga mempunyai strategi lebih kreatif untuk membuat para mahasiswa tidak bosan dengan perkuliahan, sambil mengikuti kemajuan teknologi sekarang.

    Terima kasih kepada Mner Gbl Rony. O O Manongko Th.M untuk ilmu yang telah diberikan. Tetap jadi berkat dan tetap jadi dosen kreatif dalam kelas.

    Tuhan Yesus Memberkati.

  3. Rony Manongko menulis:

    Thank you to Juvaldy Ngalo. I really appreciate your response. I hope it provides further insight. God bless you.

  4. Delvani Kella menulis:

    Penelitian yang benar dan terbukti lewat penelitian yang Penulis buat, dapat menambahkan wawasan baru dari pengajaran seorang teolog hebat yang juga sekaligus pengajar Kristen yaitu Paulus, juga menambahkan wawasan dalam berbagai istilah yang belum diketahui oleh kami sebagai mahasiswa sehingga istilah-istilah baru yang dimunculkan dalam artikel ini menambahkan wawasan dan pengajaran baru untuk saya secara pribadi. terimakasih mner, ini sangat membantu.

  5. Olivia Lahose menulis:

    Artikel yang sangat menarik bukan hanya sekedar dibaca tetapi juga untuk menambah wawasan baru bagi para pembaca. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip Andragogi yang diterapkan oleh Paulus dapat diintegrasikan ke dalam Praktik Pengajaran di STT Missio Dei Manado untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan relevansi pendidikan teologi bagi mahasiswa.
    Hal baru yang didapat ketika membaca artikel ini adalah Integrasi konsep Andragogi Alkitabiah ke dunia Pendidikan Teologi, dapat dijadikan model Praktik Pengajaran Kontekstual di STT, menjadi bahan evaluasi metode pengajaran, serta memberi landasan filosofis dan teologis untuk menyusun kurikulum pendidikan teologi.
    Penerapan secara pribadi yaitu mengembangkan motivasi belajar dari dalam, menghargai pengalaman hidup sebagai sumber belajar, serta belajar aktif dan reflektif.
    Artikel ini sangat menambah wawasan baru. Terimakasih kepada Mner, Gbl Rony O O Manongko, Th.M untuk artikelnya, Tuhan Yesus senantiasa memberkati😇😇🙏🙏

    1. Rony Manongko menulis:

      Terima kasih

  6. Vini Rantung menulis:

    Artikel ini sangat menarik dan tidak hanya enak dibaca, tetapi juga menambah wawasan baru. Isinya membahas bagaimana prinsip-prinsip andragogi yang diterapkan oleh Paulus bisa diadaptasi dalam pengajaran di STT Missio Dei Manado untuk membuat pembelajaran teologi lebih efektif dan relevan bagi mahasiswa.

    Hal baru yang saya temukan dari artikel ini adalah bagaimana konsep Andragogi Alkitabiah bisa diintegrasikan ke dalam pendidikan teologi. Ini bisa menjadi contoh pengajaran kontekstual di STT, alat evaluasi metode pengajaran, serta dasar untuk menyusun kurikulum yang kuat secara filosofis dan teologis.

    Secara pribadi, artikel ini menginspirasi saya untuk lebih termotivasi dalam belajar, menghargai pengalaman hidup sebagai sumber belajar, serta menerapkan pembelajaran aktif dan reflektif.

    Terima kasih kepada Mner, Gbl. Rony O. O. Manongko, Th.M atas artikelnya. Tuhan Yesus memberkati🙏🏻😇

  7. Vini Rantung menulis:

    Artikel ini sangat menarik dan tidak hanya baik untuk dibaca, tetapi juga menambah wawasan baru. Isinya membahas bagaimana prinsip-prinsip andragogi yang diterapkan oleh Paulus bisa diadaptasi dalam pengajaran di STT Missio Dei Manado untuk membuat pembelajaran teologi lebih efektif dan relevan bagi mahasiswa.

    Hal baru yang saya temukan dari artikel ini adalah bagaimana konsep Andragogi Alkitabiah bisa diintegrasikan ke dalam pendidikan teologi. Ini bisa menjadi contoh pengajaran kontekstual di STT, alat evaluasi metode pengajaran, serta dasar untuk menyusun kurikulum yang kuat secara filosofis dan teologis.

    Secara pribadi, artikel ini menginspirasi saya untuk lebih termotivasi dalam belajar, menghargai pengalaman hidup sebagai sumber belajar, serta menerapkan pembelajaran aktif dan reflektif.

    Terima kasih kepada Mner, Gbl. Rony O. O. Manongko, Th.M atas artikelnya. Tuhan Yesus memberkati🙏🏻😇

  8. Mishell Ottay menulis:

    Menurut saya Artikel ini menarik karena menunjukkan bagaimana prinsip andragogi yang diterapkan Paulus dapat diadaptasi dalam pembelajaran teologi di STT Missio Dei Manado. Hal baru yang saya pelajari adalah integrasi konsep Andragogi Alkitabiah dalam pendidikan teologi sebagai pendekatan kontekstual, alat evaluasi, dan dasar kurikulum. Artikel ini menginspirasi saya untuk lebih aktif, reflektif, dan menghargai pengalaman hidup dalam proses belajar.
    Dan Terima kasih kepada Gbl. Rony O. O. Manongko, Th.M atas artikelnya. Tuhan Yesus memberkati🙏🏻

  9. Mishell Ottay menulis:

    Menurut saya Artikel ini menarik karena menunjukkan bagaimana prinsip andragogi yang diterapkan Paulus dapat diadaptasi dalam pembelajaran teologi di STT Missio Dei Manado. Hal baru yang saya pelajari adalah integrasi konsep Andragogi Alkitabiah dalam pendidikan teologi sebagai pendekatan kontekstual, alat evaluasi, dan dasar kurikulum. Artikel ini menginspirasi saya untuk lebih aktif, reflektif, dan menghargai pengalaman hidup dalam proses belajar.
    Dan Terima kasih kepada , Gbl. Rony O. O. Manongko, Th.M atas artikelnya. Tuhan Yesus memberkati🙏🏻😇

  10. Novita ongkay menulis:

    Artikel ini bukan hanya menarik untuk dibaca, tetapi juga menambah wawasan baru. Isinya membahas penerapan prinsip Andragogi Paulus sehingga diadaptasikan dalam pengajaran di STT Missio Dei Manado guna meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan teologi.
    Hal baru yang disorot adalah integrasi Andragogi Alkitabiah sebagai model pengajaran kontekstual, alat evaluasi metode, dan dasar penyusunan kurikulum.

    Secara pribadi, penerapannya meliputi motivasi belajar, menghargai pengalaman hidup, serta belajar secara aktif dan reflektif.
    Dan Terima kasih kepada , Gbl. Rony O. O. Manongko, Th.M atas artikelnya. Tuhan Yesus memberkati🙏🏻😇

  11. Anisa Toli menulis:

    Artikel ini sangat menarik untuk di baca karena artikel ini membantu kami sebagai pembaca selain menarik, artikel ini menambah wawasan yang baru bagi setiap pembacanya. Lewat pengajaran seorang teolog sekaligus seorang pengajar Kristen yaitu Paulus, artikel ini juga berisikan penerapan dari prinsip Andragogi Paulus sehingga dapat di aplikasikan dalam pengajaran di Sekolah Tinggi Theologi Missio Dei Manado.
    Secara pribadi berterima kasih kepada penulis artikel ini Gbl. Rony O. O Manongko, Th. M yang telah berusaha membuat artikel ini yang sangat membantu kami pembaca yang ada🙏😇

  12. setelah membaca Artikel ini Saya Pribadi memahami Artikel “Korelasi Andragogi Paulus dan Praktik Kelas di STT Missio Dei Manado” oleh Rony Obed Oktafiano Manongko, M.Th. menekankan bahwa prinsip pembelajaran dewasa (andragogi) yang diterapkan oleh Rasul Paulus dalam gereja mula-mula sangat relevan dan bisa diterapkan dalam kelas teologi dewasa di STT Missio Dei. Tujuannya agar pengajaran teologi menjadi lebih efektif, kontekstual, dan transformatif .
    ada pula istila-istila khusus dengan penjelasan singkat :
    Andragogi Paulus: Metode pengajaran Rasul Paulus yang melibatkan partisipasi aktif, pengalaman hidup murid, konteks komunitas, dan pembentukan praksis iman .
    Korelasi: Hubungan langsung yang diperlihatkan antara prinsip Paulus dan metode mengajar di kelas teologi dewasa saat ini.
    Praktik kelas: Implementasi metode pembelajaran—seperti diskusi, refleksi, dan studi kasus—di STT Missio Dei.
    Andragogi: Pendekatan pendidikan dewasa yang menempatkan belajarnya di tengah – relevansi, pengalaman, self-direction, dan motivasi intrinsik.
    Pemahaman tentang Studi PAK
    Dari artikel ini, tampak bahwa Pendidikan Agama Kristen (PAK) di STT Missio Dei diarahkan untuk berkembang bukan hanya transfer pengetahuan Alkitab, melainkan pembentukan karakter dan kehidupan iman yang hidup. Studi PAK fokus pada:
    Pengalaman iman nyata: Belajar tidak hanya teori, tetapi refleksi dan penerapan dalam kehidupan.
    Pembelajaran kontekstual: Menyesuaikan materi dengan tantangan hidup mahasiswa.
    Kemitraan antara dosen dan mahasiswa: Seperti yang Paulus lakukan dalam membina jemaat, bukan hierarki kaku .
    Rencana Penerapan saya berdasarkan Artikel
    Jika saya menerapkan prinsip-prinsip tersebut, berikut yang ingin saya jalankan:
    -Pengajaran partisipatif
    Gunakan diskusi kelompok, studi kasus, dan dialog kritis, bukan ceramah satu arah.
    -Pemanfaatan pengalaman peserta
    Mendorong mahasiswa untuk membagikan pengalaman hidup, relevansinya dengan teori Alkitab.
    -Refleksi & implementasi nyata
    Beri tugas praktik, seperti pelayanan lapangan atau studi kasus kehidupan nyata, agar iman dan pengetahuan hidup menyatu.
    -Pembinaan yang personal dan komunitas
    Menetapkan “kelompok kecil” atau mentoring, mirip model komunitas Paulus, agar setiap mahasiswa diperhatikan secara personal

    MHS.STT.MD.BOROKO

  13. RESTIKEL D TONDO menulis:

    Setelah saya membaca artikel in Gagasan utama menganalisis penerapan prinsip-prinsip andragogi (teori pembelajaran orang dewasa) dalam proses pembelajaran di STT Missio Dei Manado, khususnya dalam kaitannya dengan kehidupan dan metode pengajaran Rasul Paulus, untuk mengembangkan pendidikan teologi yang kontekstual dan berbasis dan stilah-istilah khusus yang di pakai dlam artikel in antara lain Andragogi, Pedagogi, Teologi, Pendidikan Kristen, Kontekstual, intertekstual, Spiritualitas Pembelajaran berbasis Alkitab, Pendidikan tinggi, Mahasiswa dewasa dan Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) berdasarkan artikel ini menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang kontekstual, relevan, dan menghargai pengalaman mahasiswa dewasa. PAK tidak hanya menekankan pengetahuan Alkitab tetapi juga penerapan prinsip-prinsip andragogi agar mahasiswa dapat mengembangkan spiritualitas dan karakter Kristiani sesuai dengan konteks budaya dan pengalaman hidupnya.
    Pemahaman saya adalah bahwa pendidikan teologi, khususnya di STT Missio Dei Manado, perlu mengintegrasikan prinsip-prinsip andragogi dengan teladan pengajaran Paulus untuk menciptakan model pembelajaran yang kontekstual, berbasis Alkitab, dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa dewasa di Indonesia. Ini penting agar mahasiswa dapat mengalami pendidikan yang transformatif dan aplikatif dalam pelayanan.
    Gagasan khusus terkait pembelajaran adalah pentingnya mengaplikasikan prinsip andragogi dalam pendidikan teologi agar mahasiswa dewasa dapat belajar secara mandiri, berbasis pengalaman, serta relevan dengan konteks budaya dan pelayanan mereka. Selain itu, peneladanan metode pengajaran Paulus diharapkan menjadi model pembelajaran berbasis Alkitab yang kontekstual.
    Yang saya tangkap dari pembahasan artikel adalah
    Perlunya integrasi prinsip andragogi dan teladan Rasul Paulus dalam pendidikan teologi.
    Pentingnya mengembangkan model pembelajaran yang kontekstual dan berbasis Alkitab.
    Bahwa pendidikan tinggi Kristen harus menjawab kebutuhan mahasiswa dewasa yang memiliki latar budaya dan pengalaman yang kaya.
    Perlunya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya teoritis tetapi juga praktis dan transformasional dalam membentuk spiritualitas dan karakter mahasiswa.

    MHS. STT.MD.BOROKO

  14. FRANSISCA LAFENIA AWUMBAS menulis:

    Setelah membaca artikel ini saya pribadi dapat memahami konsep andragogi dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan teologi kristen dengan inspirasi dari pemikiran paulus untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran memahami bagaimana pendekatan andragogi dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan teologi.
    Beberapa istilah khusus tentang korelasi andragogi:
    -andragogi sebagai ilmu pengetahuan dan praktik pembelajaran orang dewasa yang berlokasi pada pengalaman dan kemandirian
    -teologi kristen studi tentang ajaran dan prinsip-prinsip agama Kristen
    -pemikiran paulus dan ajaran apostel yang dapat menjadi inspirasi bagi pendidikan agama Kristen
    Saya juga dapat memahami bahwa studi tentang korelasi andragogi paulus dan praktik kelas di STT MISSIO DEI MANADO dapat memberikan wawasan tentang bagaimana pendekatan pembelajaran andragogi dalam konteks pendidikan agama Kristen.
    Dalam pemahaman tersebut saya dapat menerapkan beberapa hal seperti
    -mengembangkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mempertimbangkan pengalaman dan kemandirian
    -mengintegrasikan pemikiran paulus dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran
    -menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung spritual siswa

    MHS.STT-MD.BOROKO

  15. STEVI KALARA GANSA menulis:

    Artikel ini sangat menarik karena menunjukkan bagaimana prinsip andragogi Yang diterapkan paulus dapat diadaptasi dalam pembelajaran teologi di STT Missieo Dei Manado.
    Karena mahasiswa yang mengikuti pendidikan sangat beragam suku adat dan budaya.
    Dalam konteks inilah, pendekatan andragogi menjadi relevan karena mengutamakan penghargaan terhadap pengalaman,otonomi belajar,dan orientasi praktis.
    MHS.STT MD.BOROKO

  16. YULPA KAGANSA menulis:

    Menurut saya, Artikel ini sangat menyentu hati tidak hanya enak di baca,tapi juga menamba bagai mana prinsip prinsip Andragogi yang di terapkan oleh Rasul Paulus. Secara pribadi Artikel ini mengispirasi saya untuk lebih termotifasi dalam belajar . Menghargai pengalaman hidup sebagai sumber belajar serta menerapkan pembelajaran aktif dan reflektif. Secara pribadi saya berterima kasih kepada penulis Artikel ini Gbl ,Rony O .O MANONGKO Th M yang telah berusaha membuat Artikel ini yang sangat membantu kami pembaca yang ada Tuhan Yesus Memberkati 🙏🙏.

    MHS.STT MD.BOROKO

  17. IVONI KAONSENG menulis:

    Artikel ini bukan hanya jelas, tapi menurut saya Artikel ini didalamnya ada penerapan prinsip andragogi paulus, sehingga dapat mempermudah saya sebagai mahasiswa Stt missio Dei Manado,khususnya kelas boroko, saya dapat mengerti bahwa integrasi konsep Andragogi Alkitabiah dalam pendidikan teologi sebagai pendekatan kontekstual, alat evaluasi dan dasar kurikulum.
    Artikel ini juga membuat saya terinspirasi karena dapat membuka wawasan saya tentang Andragogi.
    Makasih🙏 mner Rony.o.Manongko Th M. Tuhan memberkati😇

  18. IVONI KAONSENG menulis:

    Artikel ini sangat bagus karena didalamnya ada penerapan prinsip andragogi paulus, sehingga dapat mempermudah saya sebagai mahasiswa Stt Missio Dei Manado kls Boroko, dapat mengerti bahwa integrasi konsep Andragogi Alkitabiah dalam pendidikan teologi sebagai pendekatan kontekstual, evaluasi, dan kurikulum. Artikel ini membuat saya terinspirasi,membuka wawasan saya tentang Andragogi.

    MHS.stt MD.boroko

Tinggalkan Balasan ke Delvani Kella Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *