Terima kasih Jeremi. Artikel ini memberikan wawasan yang baik dari aspek fenomena sekaligus pengembangan metode PAK dalam era digital maupun “Artificial Intelligence” (AI). Pemahaman tersebut memberikan dorongan bagi penyelenggara PAK, untuk “antisipatif” maupun mengupayakan pengembangan metodologis, dengan melengkapi diri dalam penguasaan media digital. Sangat informatif sekaligus inspiratif. Missio Dei Focatio Nostra
Gagasan utama artikel ini adalah pentingnya integrasi teknologi informasi (TI) dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai bagian dari transformasi digital dunia pendidikan. Artikel ini menekankan bahwa perkembangan teknologi digital tidak bisa dihindari, dan gereja serta lembaga pendidikan Kristen perlu menyikapinya dengan bijaksana untuk menjangkau generasi digital.
Transformasi digital bukan hanya soal penggunaan perangkat teknologi, tetapi juga mempengaruhi cara guru mengajar, siswa belajar, serta bagaimana nilai-nilai iman Kristiani disampaikan dan dihayati dalam konteks digital. Oleh karena itu, integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan digital dan kekuatan nilai spiritual.
Generasi sekarang adalah Kelompok generasi yang lahir di era teknologi dan sangat akrab dengan dunia digital.
Digitalisasi Pembelajaran Proses mengubah metode pengajaran tradisional ke bentuk berbasis teknologi.
Literasi Digital Kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi berbasis digital.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sarana dan perangkat teknologi yang digunakan untuk menyampaikan dan mengelola informasi.
Etika Digital Prinsip moral dalam penggunaan teknologi digital, termasuk dalam konteks pendidikan iman.
Dari artikel ini saya memahami bahwa studi Pendidikan Agama Kristen harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk dalam hal pemanfaatan teknologi. Studi PAK tidak lagi bisa hanya mengandalkan metode konvensional seperti ceramah dan hafalan ayat. Kini, pembelajaran PAK dapat dilakukan secara interaktif, kontekstual, dan digital, misalnya melalui video pembelajaran, aplikasi Alkitab digital, atau media sosial berbasis nilai iman.
Berdasarkan pemahaman dari artikel ini, hal-hal yang ingin saya terapkan ke depannya, khususnya dalam pelayanan atau mengajar PAK, adalah:
Menggunakan teknologi untuk menyampaikan firman Tuhan secara kreatif, seperti membuat video singkat rohani, konten Alkitab di Instagram, atau kuis Alkitab interaktif.
Mengembangkan materi pembelajaran digital seperti PowerPoint yang menarik, video animasi Alkitab, dan bahan ajar berbasis aplikasi.
Mendidik siswa atau jemaat untuk memiliki etika digital, yaitu bagaimana menggunakan internet dengan bertanggung jawab sebagai orang Kristen.
Melatih diri sendiri dan guru lain dalam literasi digital, agar tidak tertinggal dan tetap relevan dalam dunia pendidikan Kristen masa kini.
Artikel menekankan bahwa transformasi digital PAK perlu berbasis pada teologi teknologi, agar teknologi tidak hanya menjadi alat, tetapi mendukung pembentukan karakter dan iman.
Beberapa istilah khusus dalam artikel yang di pakai
Transformasi digital PAK, e-learning, gamifikasi, platform digital,AI (Artificial Intelligence), VR (Virtual Reality) NLP (Natural Language Processing) teologi teknologi, digital discipleship gap, achievement game
Studi PAK dalam artikel ini membahas bagaimana PAK menghadapi era digital dengan mengadopsi teknologi secara bijaksana. Transformasi digital menawarkan peluang besar (seperti perluasan jangkauan, retensi memori, dan partisipasi siswa), tetapi juga menghadirkan tantangan serius seperti sekularisasi konten, reduksi nilai spiritual, dan risiko karakter yang dibentuk hanya secara digital tanpa pendampingan rohani.
Pemahaman saya: Studi PAK harus menggabungkan teknologi dengan prinsip-prinsip teologi Kristen secara seimbang. Digitalisasi PAK bukan hanya soal penggunaan alat digital, tetapi bagaimana teknologi itu mendukung pembentukan iman, karakter Kristiani, dan menghindari bahaya seperti sekularisasi dan gamifikasi berlebihan. Diperlukan model pembelajaran yang mendampingi secara spiritual, bukan hanya teknis.
Yang saya tangkap adalah: Transformasi digital dalam PAK harus dirancang dengan hati-hati agar teknologi tidak menggeser nilai-nilai teologis dan spiritualitas Kristen. Penting untuk mengembangkan kerangka kerja yang mengintegrasikan inovasi teknologi dengan formasi karakter Kristiani. PAK digital memerlukan pendekatan multidimensi agar tidak sekadar informatif, tetapi juga membina iman.
Dalam artikel ini saya dapat memahami integrasi teknologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agama Kristen dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan. Beberapa istilah khusus integrasi teknologi informasi yaitu :
– transformasi digital pembelajaran untuk perubahan dalam proses pembelajaran yang menggunakan teknologi digital,
-aksesibilitas pembelajaran kemampuan siswa untuk mengakses sumber daya belajar
-fleksibilitas pembelajaran kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel dalam waktu
Dapat di pahami juga studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan agama Kristen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan juga studi ini mengidentifikasi beberapa manfaat dan tantangan dalam integrasi teknologi informasi dalam pendidikan agama Kristen. Berdasarkan pemahaman tersebut dapat saya pahami mengembangkan strategi untuk mengintegrasikan teknologi informasi dalam PAK, seperti menggunakan platform pembelajaran online ,media sosial, dan aplikasi pendidikan saya juga dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi seperti video conferencing dll. Dengan demikian saya dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan agama Kristen dengan menggunakan teknologi informasi
Artikel ini sangat menarik karena memberikan wawasan yang baik dalam aspek pentingnya integrasi teknologi informasi (Ti) dalam pendidikan agama Kristen (PAK) karena ada 3 hal yang sangat penting yaitu:
1. Platfrom E-learning ( moodle, sekolah.mu)
2. Aplikasi Alkitab interaksi ( glossa,bible project )
3. Realitas virtual ( VR)
Ketiga aspek ini sangat penting bagi kita yang sementara ini dalam menuntut ilmu pendidikan agama Kristen (PAK).
MHS.STT MD.BOROKO
Meganalisis bagai mana TI-PAK mempengaruhi pemahaman teologis dan praktik keagamaan, seperti pengunaan teknologi dalam ibadah, pengajaran dan pelayanan. Mengevaluasi, efektivitas integrasi TI-PAK dalam meningkatkan pembelajaran keagamaan.
Artikel ini menurut saya bagaimana pentingnya pengembangan metode PAK dalam Era.
Oleh karena itu integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan digital dan kekuatan nilai spiritual.
Terima kasih 🙏
Artikel ini menurut saya bagaimana pentingnya pengembangan metode PAK dalam Era Digital.
Oleh karena itu integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan Digital dan kekuatan nilai spiritual.
Terima kasih Jeremi. Artikel ini memberikan wawasan yang baik dari aspek fenomena sekaligus pengembangan metode PAK dalam era digital maupun “Artificial Intelligence” (AI). Pemahaman tersebut memberikan dorongan bagi penyelenggara PAK, untuk “antisipatif” maupun mengupayakan pengembangan metodologis, dengan melengkapi diri dalam penguasaan media digital. Sangat informatif sekaligus inspiratif. Missio Dei Focatio Nostra
Gagasan utama artikel ini adalah pentingnya integrasi teknologi informasi (TI) dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai bagian dari transformasi digital dunia pendidikan. Artikel ini menekankan bahwa perkembangan teknologi digital tidak bisa dihindari, dan gereja serta lembaga pendidikan Kristen perlu menyikapinya dengan bijaksana untuk menjangkau generasi digital.
Transformasi digital bukan hanya soal penggunaan perangkat teknologi, tetapi juga mempengaruhi cara guru mengajar, siswa belajar, serta bagaimana nilai-nilai iman Kristiani disampaikan dan dihayati dalam konteks digital. Oleh karena itu, integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan digital dan kekuatan nilai spiritual.
Generasi sekarang adalah Kelompok generasi yang lahir di era teknologi dan sangat akrab dengan dunia digital.
Digitalisasi Pembelajaran Proses mengubah metode pengajaran tradisional ke bentuk berbasis teknologi.
Literasi Digital Kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi berbasis digital.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sarana dan perangkat teknologi yang digunakan untuk menyampaikan dan mengelola informasi.
Etika Digital Prinsip moral dalam penggunaan teknologi digital, termasuk dalam konteks pendidikan iman.
Dari artikel ini saya memahami bahwa studi Pendidikan Agama Kristen harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk dalam hal pemanfaatan teknologi. Studi PAK tidak lagi bisa hanya mengandalkan metode konvensional seperti ceramah dan hafalan ayat. Kini, pembelajaran PAK dapat dilakukan secara interaktif, kontekstual, dan digital, misalnya melalui video pembelajaran, aplikasi Alkitab digital, atau media sosial berbasis nilai iman.
Berdasarkan pemahaman dari artikel ini, hal-hal yang ingin saya terapkan ke depannya, khususnya dalam pelayanan atau mengajar PAK, adalah:
Menggunakan teknologi untuk menyampaikan firman Tuhan secara kreatif, seperti membuat video singkat rohani, konten Alkitab di Instagram, atau kuis Alkitab interaktif.
Mengembangkan materi pembelajaran digital seperti PowerPoint yang menarik, video animasi Alkitab, dan bahan ajar berbasis aplikasi.
Mendidik siswa atau jemaat untuk memiliki etika digital, yaitu bagaimana menggunakan internet dengan bertanggung jawab sebagai orang Kristen.
Melatih diri sendiri dan guru lain dalam literasi digital, agar tidak tertinggal dan tetap relevan dalam dunia pendidikan Kristen masa kini.
MHS.STT MD.BOROKO
Artikel menekankan bahwa transformasi digital PAK perlu berbasis pada teologi teknologi, agar teknologi tidak hanya menjadi alat, tetapi mendukung pembentukan karakter dan iman.
Beberapa istilah khusus dalam artikel yang di pakai
Transformasi digital PAK, e-learning, gamifikasi, platform digital,AI (Artificial Intelligence), VR (Virtual Reality) NLP (Natural Language Processing) teologi teknologi, digital discipleship gap, achievement game
Studi PAK dalam artikel ini membahas bagaimana PAK menghadapi era digital dengan mengadopsi teknologi secara bijaksana. Transformasi digital menawarkan peluang besar (seperti perluasan jangkauan, retensi memori, dan partisipasi siswa), tetapi juga menghadirkan tantangan serius seperti sekularisasi konten, reduksi nilai spiritual, dan risiko karakter yang dibentuk hanya secara digital tanpa pendampingan rohani.
Pemahaman saya: Studi PAK harus menggabungkan teknologi dengan prinsip-prinsip teologi Kristen secara seimbang. Digitalisasi PAK bukan hanya soal penggunaan alat digital, tetapi bagaimana teknologi itu mendukung pembentukan iman, karakter Kristiani, dan menghindari bahaya seperti sekularisasi dan gamifikasi berlebihan. Diperlukan model pembelajaran yang mendampingi secara spiritual, bukan hanya teknis.
Yang saya tangkap adalah: Transformasi digital dalam PAK harus dirancang dengan hati-hati agar teknologi tidak menggeser nilai-nilai teologis dan spiritualitas Kristen. Penting untuk mengembangkan kerangka kerja yang mengintegrasikan inovasi teknologi dengan formasi karakter Kristiani. PAK digital memerlukan pendekatan multidimensi agar tidak sekadar informatif, tetapi juga membina iman.
MHS.STT.MD.BOROKO
Dalam artikel ini saya dapat memahami integrasi teknologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agama Kristen dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan. Beberapa istilah khusus integrasi teknologi informasi yaitu :
– transformasi digital pembelajaran untuk perubahan dalam proses pembelajaran yang menggunakan teknologi digital,
-aksesibilitas pembelajaran kemampuan siswa untuk mengakses sumber daya belajar
-fleksibilitas pembelajaran kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel dalam waktu
Dapat di pahami juga studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan agama Kristen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan juga studi ini mengidentifikasi beberapa manfaat dan tantangan dalam integrasi teknologi informasi dalam pendidikan agama Kristen. Berdasarkan pemahaman tersebut dapat saya pahami mengembangkan strategi untuk mengintegrasikan teknologi informasi dalam PAK, seperti menggunakan platform pembelajaran online ,media sosial, dan aplikasi pendidikan saya juga dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi seperti video conferencing dll. Dengan demikian saya dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan agama Kristen dengan menggunakan teknologi informasi
MHS. STT-MD. BOROKO
Artikel ini sangat menarik karena memberikan wawasan yang baik dalam aspek pentingnya integrasi teknologi informasi (Ti) dalam pendidikan agama Kristen (PAK) karena ada 3 hal yang sangat penting yaitu:
1. Platfrom E-learning ( moodle, sekolah.mu)
2. Aplikasi Alkitab interaksi ( glossa,bible project )
3. Realitas virtual ( VR)
Ketiga aspek ini sangat penting bagi kita yang sementara ini dalam menuntut ilmu pendidikan agama Kristen (PAK).
MHS.STT MD.BOROKO
Meganalisis bagai mana TI-PAK mempengaruhi pemahaman teologis dan praktik keagamaan, seperti pengunaan teknologi dalam ibadah, pengajaran dan pelayanan. Mengevaluasi, efektivitas integrasi TI-PAK dalam meningkatkan pembelajaran keagamaan.
MHS.STT.MD.BOROKO
Artikel ini menurut saya bagaimana pentingnya pengembangan metode PAK dalam Era.
Oleh karena itu integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan digital dan kekuatan nilai spiritual.
Terima kasih 🙏
MHS.STT MD.BOROKO
Artikel ini menurut saya bagaimana pentingnya pengembangan metode PAK dalam Era Digital.
Oleh karena itu integrasi teknologi harus dilakukan dengan keseimbangan antara kemajuan Digital dan kekuatan nilai spiritual.
MHS.STT MD.BOROKO